Sabtu, 28 Agustus 2010

Gelembung...Kenapa Kau Bulat???

Mengapa gelembung sabun berbentuk bulat?
Ini adalah metafisika,bukan sains.Gelembung-gelembung bulat karena ada tegangan permukaan yang menarik molekul-molekul air sekuat mungkin untuk membentuk kelompok-kelompok.Dan pengelompokan itu membuatnya menjadi bulat.Diantara bentuk-bentuk yang mungkin bola-lah yang memiliki luas permukaan yang paling kecil.
Segra setelah anda melepaskan gelembung dari pipa tiup,tegangan permukaan membuat lapisan tipis air sabun mencari luas permukaan yang sekecil mungkin(jadilah bola... hhhooorrreee!!!).Andaikata anda tidak dengan sengaja  memerangkapkan udara didalamnya,air sabun akan terus menyusut membentuk sebuah titik bola yang padat(kaya hujan...tttiiidddaaakkk!!!).
Akan tetapi udara didalam mendorong ke arah luar,menahan selaput air.Semua gas memberikan tekanan ke wadah penyimpanan(karena mereka terdiri dari molekul-molekul yang terbang bebas yang terus membentur apapun yang menghalangi.Dalam sebuah gelembung,gaya-gaya tegangan permukaan kearah dalam pada selaput air diseimbangkan dengan tepat oleh gaya mendorong keluar oleh udara dari dalam.Jika ada perbedaan sedikit saja,gelembung akan mengecil atau mengembang sampai seimbang.
Tapi ada kendala lain,yaitu bila anda meniup gelembung itu dengan udara terus menerus lapisan air gelembung akan menipis,dan kabar buruknya sahabat karib kita yang ditiup terus menerus akan meletus(semoga diterima disisi-Nya.
Hal yang sama terjadi pada permen karet.Makanya,bila aku menjadi gelembung aku akan bilang pada peniupku untuk jangan meniupku berlebihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar