Jumat, 06 Agustus 2010

Tendangan Pisang Pada Sepak Bola Dilihat dari Ilmu Fisika

Pada permainan sepak bola kita pernah melihat pemain yang dapat melepaskan tendangan melengkung atau biasa disebut tendangan pisang. Biasanya tendangan pisang ini terjadi saat tendangan bebas (free kick) dan tendangan sudut (corner kick). Pemain yang dikenal dapat melakukan tendang pisang yang baik yaitu Pele dan David Beckham. Keduanya tidak hanya mengandalkan kecepatan bola, tapi juga keakuratan tendangan sehingga bola bisa diceploskan ke dalam gawang.

Nah bagaimana proses terjadinya tendangan pisang ini dilihat dari ilmu fisika ?
Seperti yang kita tahu bahwa lintasan tendangan pisang berupa lintasan parabolik. Kita akan menikmati mengapa lintasan bola berbentuk parabola, bagaimana tendangan pisang, dan mengapa seorang penjaga gawang sangat susah menahan tendangan penalti. Intinya seorang pemain profesional kala dilengkapi dengan ilmu fisika akan dapat memperbaiki skill dan kemampuannya.
Gerakan parabola
http://smkn3-kuningan.net/fisika/fisik@net1_files/utama_files/1150430546.jpg
Lihat bagan (Gb 1b). Ketika SMP/SMA kita belajar bahwa bola yang ditendang dengan sudut elevasi tertentu akan membentuk lintasan parabola. Bentuk lintasan ini akan sangat dipengaruhi oleh gaya gravitasi Bumi, kecepatan, dan sudut elevasi bola.
Tanpa gravitasi, bola akan bergerak lurus ke atas (Gb 1a). Gravitasilah yang menarik bola turun. Semakin besar gravitasi semakin cepat bola jatuh ke tanah. Bandingkan dengan di Bulan. Dengan tingkat gravitasi yang lebih kecil, lintasan bola yang ditendang-misalnya-oleh seorang astronaut akan menjadi lebih jauh, dibandingkan kala ia menendang sebuah bola di Bumi.
Buat sedikit bocoran ya, kita ingin kan punya tendangan yang keras dan jauh? Untuk melakukan hal itu, seorang pemain sepak bola harus menendang bola sekeras mungkin dengan sudut elevasi 45 derajat.
Tendangan pisang
Siapa yang enggak kenal Pele. Legenda hidup asal Brasil itu terkenal dengan tendangan pisangnya. Atau sudut dunia mana sih yang enggak kenal sama David Beckham? Kapten timnas Inggris ini juga punya senjata andalan berupa tendangan bebas melengkung nan akurat.
Kita tentu masih ingat gol-gol manis David Beckham melalui tendangan bebasnya, yang dilakukan sekitar 30 meter di depan gawang. Beckham menendang bola dengan kecepatan sekitar 120 km per jam, bola melambung sekitar 1 meter melewati kepala para pagar betis itu dan secara tiba-tiba bola membelok serta masuk ke gawang lawan (Gb 2).
Seorang pengamat sepak bola Keith Hanna mengatakan bahwa Beckham melakukan ini karena otaknya yang genius dapat memproses perhitungan fisika yang kompleks secara cepat sekali. Peneliti lain dari Universitas Sheffield, Inggris, mengatakan hal yang sama, “…Beckham was applying some very sophisticated physics.”
Makanya Ayo Belajar Fisika dari Sekarang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar